Selasa, 12 Juli 2011

LBT #7 Cheese Cake ala Taiwan


Repost lagi dari dapurku...
Nggak terasa sudah tanggal 11 lagi aja.. Sudah waktunya setor PR LBT #7.. Sekarang sudah resmi nih ceritanya jadi anggota Let's get Baking Together (LBT). Tema untuk PR kali ini adalah "Cotton Cake"

Pernah denger yang namanya Cotton Cake?

Cotton Cake itu salah satu jenis cake yang teknik pembuatannya dengan cara pencampuran adonan paste dengan putih telur yang dikocok sampai tahap soft peak.. Nah bikin adonan pastenya juga dengan cara dipanaskan..

Biasanya yang dipanaskan/ditim mentega, susu/whipped cream, keju.. Setelah panas baru terigu dan kuning telur dimasukkan.. Dan cara pemanggangannya juga dengan sistem Au Bain Marie..


Dengan cara pembuatan seperti itulah yang akhirnya jadi membuat cake jenis ini super lembut dibandingkan dengan cake jenis sponge cake atau butter cake.. Lembut seperti kapas...

Itu aku lho yang kurang leb dijelasin sama bunda Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani pas beliau ngasih PR karena event bulan ini beliau yang jadi host..
Berpatokan dengan cara-cara pembuatan cotton cake ini barulah aku cari2 resep yang mau aku praktekkin.. dan akhirnya membulatkan tekad utk bikin Cheese Cake ala Taiwan yang ada dibuku Yasa Boga.. Sebenernya JCC dan CCC juga termasuk jenis cotton cake tapi aku mau coba resep yang lainnya.. Yuuk dicoba..

Cheese Cake ala Taiwan
By : Yasa Boga

Bahan :
50 gr Tepung terigu serba guna
50 gr Maizena150 ml Susu UHT (aku pakai 200 ml )
100 gr Mentega tawar¼ sdt Garam200 gr Neufchatel cheese biarkan suhu ruang ( aku pakai 150 gr keju cheddar diparut halus)
10 btr Kuning telur
7 btr Putih telur
150 gr Gula pasir ( aku pakai 180 gr )
½ sdt Cream of tartar (aku pakai 1/2 sdt jeruk lemon)
Keju parmesan untuk campuran (skip)

Cara membuat :
1. Siapkan loyang beri alas kertas roti tanpa dioles. Pasang oven 150 derajat celcius
2. Tim mentega dan susu hingga hangat, masukkan keju, aduk rata. Masukkan campuran tepung, aduk rata
3. Kocok putih telur, gula dan cream of tartar hingga mengembang dan berbusa. Tuang 1/3 bagian adonan kedalam adonan kuning telur, aduk perlahan hingga rata. Tuangkan ke sisa putih telur sebanyak ½ bagian, aduk rata perlahan, lalu campurkan sisanya, aduk rata.
4. Tuang adonan ke loyang, tabur keju parmesan. Panggang dengan cara au bain marie selama kurleb 60 menit sampai cake matang dan permukaan kecoklatan.
5. Keluarkan cake dari oven, angkat dan letakkan loyang berisi cake pada rak kawat, diamkan 5 menit, kikis tepinya dengan pisau tajam. Balikkan cake dan dinginkan. Hidangkan dengan saus buah bila dikehendaki.

Rasanya ngeju banget... Happy baking ^_*

1 komentar:

Wheat 2 Eat mengatakan...

aku contek resep modifikasi nya ya Mba Wanti..

dijamin aman deh gak bakalan gagal ini sih hhahahahah..

makaciiyyy..

salam LBT.. ;)

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | 100 Web Hosting